Senin, 11 Februari 2013

media pembelajaran



v  Pengertian Media Pembelajaran
Kata Media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah perantara atau pengantar . dalam bahasa arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusi, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks dan lingkungan sekolah merupakan media.
Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan alat- alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Disamping sebagai system penyampai pesan atau pengantar, media yang sering diganti dengan kata mediator menurut Fleming (1987:234) adalah penyabab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Dengan istilah mediator media menunjukan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar siswa dan isi pelajaran. Pengertian media pembelajaran adalah apabila media itu membawa pesan- pesan atau informasi yang bertujuan intruksional atau mengndung maksud- maksud pengajaran.
Istilah “media” bahkan sering di kaitkan atau di di pergantikan dengan kata “teknologi” yang berasal dari kata latin yaitu tekne (bahasa inggris arf ) dan logos (bahasa Indonesia “ilmu” ).
v  Pengertian Strategi Pembelajaran
Secara istilah starategi pembelajaran adalah suatu pendekatan dalam mengorganisasikan komponen- komponen pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran, demikian pendapat Situmorang (Sanjaya, 2006).
Strategi pembelajaran diartikan sebagai langkah- langkah tindakan yang mendasar dan berperan besar dalam proses balajar mengajar untuk mencapai sasaran pendidikan (Djamarah dan Aswan 2003).
Dari dua pengertian strategi diatas baik secara etimologi/ terminology maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu langkah berupa pengorganisasian komponen- komponen pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.
v  Macam- macam strategi pembelajaran
Menurut Rowntree dalam sanjaya (2006), jenis strategi pembelajaran ada 3 kelompok besar.
-          Expocitory Discovery Learning (Strategi penyampaian penemuan ).
-          Group- individual learning (Strategi pembelajaran individual- kelompok).
-          Dan strategi pembelajaran aktif dari Melvin Siberlment.
1.      Strategi Pembelajaaran Expositori (SPE)
Menurut sanjaya , merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi secara optimal.
Langkah- langkah atau teknik atau prosedur pembelajaran yang menggunakan strategi SPE ini meliputi:

ü  Preparation (persiapan)
ü  Presentation  (penyajian)
ü  Correlation (menghubungkan)
ü  Generaliszation (menyimpulkan atau menggenaralisasikan)
ü  Application (penerapan) (sanjaya, 2006)

2.      Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
Istilah SPI digunakan oleh Wina Sanjaya, adalah merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yanga menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analisis untuk mencapai dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
SPI terdiri atas langkah- langkah sebagai berikut:
ü  Orientasi
ü  Merumuskan masalah
ü  Mengajukan hipotesis
ü  Mengumpulkan data
ü  Menguji hipotesis
ü  Kesimpulan
3.      Strategi Pembalajaran Berbasis Masalah (SPBM)
Adalah rangkaian aktivitas pembalajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian msalah yang dihadapi secara ilmiah.
Adapun langkah- langkah penerapan SPBM, sebagai berikut:

ü  Merumuskan masalah
ü  Menganalisis masalah
ü  Merumuskan hipotesis
ü  Mengumpulkan data
ü  Pengujian hipotesis
ü  Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah
4.      Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB)
SPPKB adalah suatu model pembelajaran yang bertumpu pada proses perbaikan dan peningkatan kemampuan berfikir siswa.
SPPKB memiliki langkah- langkah sebagai berikut:

ü  Orientasi
ü  Pelacakan
ü  Konfrontasi
ü  Inkuiri
ü  Akomodasi
ü  Transfer
5.      Strategi Pembalajaran Kooperatif (SPK)
SPK adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok- kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
Adapun langkah- langkah penerapan SPK secara sederhana:
ü  Penjelasan materi
ü  Belajar dalam kelompok
ü  Penilaian
ü  Pengakuan tim
6.      Strategi Pembelajaran Contekstual (CTL)
menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Secara garis besar ada 3 langkah dalam penerapan CTL
ü  Pendahuluan
ü  Inti
ü  Penutup
7.      Strategi Pembelajaran Aktif (SPA)
SPA merupakan penghadapan siswa kepada situasi problematic untuk dapat mengambil keputusan.
SPA memiliki tiga model yaitu model konsiderasi, model kognitif, serta teknik mengklarifikasi nilai.
8.      Strategi Pembelajaran Multiple Intelegen (SPMI)
Menurut Situmorang, SPMI ini didasari atas pemikiran Gardner (1983) bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yaitu kecerdasan linguistic, matematis- logis, spasial, kinestetis- jasmani, musical, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.
Berdasarkan yang dimaksud Gardner, maka SPMI adalah upaya mengoptimalkan kecerdasan majemuk yang dimiliki tiap individu siswa.
Adapun Langkah- langkah penerapan SPMI adalah sebagai berikut:
ü  Memberdayakan semua jenis kecerdasan yang ada pada setiap mata pelajaran, yang termasuk spesifik dalam tujuan  pelajaran.
ü  Mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkan kecerdasan yang menonjol pada masing- masing siswa.

Jumat, 25 Januari 2013

Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel ini
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita. Read more at: http://hujangede.blogspot.com/2012/02/kata-kata-motivasi-2012-motivasi-cinta.html Copyright by hujangede.blogspot.com Terima kasih sudah menyebarluaskan aritkel inihgvhvhvtfdtgfg

Kata Mutiara Cinta Terbaik Khalil Gibran

kata-kata mutiara cinta khalil gibran Kata yang paling indah di bibir umat manusia adalah kata 'Ibu', dan panggilan paling indah adalah 'Ibuku'. Ini adalah kata penuh harapan dan cinta, kata manis dan baik yang keluar dari kedalaman hati. Tidak ada sahabat sejati yang ada hanya kepentingan. http://wahyualinursalim.blogspot.com Tuhan telah memasang bara dalam hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan, berdosalah mereka yang mematikan bara itu dan menguburkannya ke dalam abu. Keindahan adalah kehidupan itu sendiri saat ia membuka tabir penutup wajahnya. Dan kalian adalah kehidupannya itu, kalianlah tirai itu. Keindahan adalah keabadian yag termangu di depan cermin. Dan kalian adalah keabadian itu, kalianlah cermin itu. Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya. Kalian memiliki takdir kepastian untuk merasakan penderitaan dan kepedihan. Jika hati kalian masih tergetar oleh rasa takjub menyaksikan keajaiban yang terjadi dalam kehidupan, maka pedihnya penderitaan tidak kalah menakjubkan daripada kesenangan. Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi. Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau suburkan dengan penuh rasa terima kasih. Dan dia pulalah naungan dan pelindungmu. Karena kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa memerlukan kedamaian. Periksalah buku kenanganmu semalam, dan engkau akan tahu bahwa engkau masih berhutang kepada manusia dan kehidupan. Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan semua hasrat serta keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan. Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta Alangkah mulianya hati yang sedih tetapi dapat menyanyikan lagu kegembiraan bersama hati-hati yang gembira. http://wahyualinursalim.blogspot.com Sungguh terpuji orang yang malu bila menerima pujian, dan tetap diam bila tertimpa fitnah. Aku tidak mengetahui kebenaran mutlak. Tetapi aku menyadari kebodohanku itu, dan disitulah terletak kehormatan dan pahalaku. Alangkah buruknya nilai kasih sayang yang meletakkan batu di satu sisi bangunan dan menghancurkan dinding di sisi lainnya. Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan. Selamatkan aku dari mereka yang tidak mengatakan kebenaran kecuali kalau kebenaran itu untuk menyakiti, dan dari orang yang berperilaku baik tetapi berniat buruk, dan dari mereka yang memperoleh nilai dirinya dengan mencela orang lain. Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah keterpautan jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad. Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu. Cinta tidak menyadari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian. http://wahyualinursalim.blogspot.com Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat. Hukum kemanusiaan dan gejala alam pun tak mampu mengubah kebebasan cinta. Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang. Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau. Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita. Jangan menangis, Kekasihku. Janganlah menangis dan berbahagialah, karena kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan. Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah sentiasa. Tubuh mempunyai keinginan yang tidak kita ketahui. Mereka dipisahkan kerana alasan duniawi dan dipisahkan di ujung bumi. Namun jiwa tetap ada di tangan cinta, terus hidup, sampai kematian datang dan menyeret mereka kepada Tuhan. Kamu mungkin akan melupakan orang yang pernah tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu. Kesepianku lahir ketika orang-orang memuji kelemahan-kelemahanku yang ramah dan menyalahkan kebajikan-kebajikanku yang pendiam. Jika di dunia ini ada dua orang yang sama, maka dunia tidak akan cukup besar untuk menampung mereka. http://wahyualinursalim.blogspot.com Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah mampu direnggut dari manusia yang mencinta. Kebijaksanaan tidak lagi merupakan kebijaksanaan apabila ia menjadi terlalu angkuh untuk menangis, terlalu serius untuk tertawa, dan terlalu egois untuk melihat yang lain kecuali dirinya sendiri. Diperlukan dua orang untuk menemukan kebenaran, satu untuk mengucapkannya dan satu lagi untuk memahaminya. Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kulit pembungkus kesadaran- seperti pecahnya kulit buah supaya intinya terbuka merekah bagi sinar matahari yang tercurah. http://wahyualinursalim.blogspot.com
Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati; satu hati yang menangis dan yang satu lagi hati yang bersabar.

Kata Mutiara Cinta . http://wahyualinursalim.blogspot.com/

Kata Mutiara Cinta . http://wahyualinursalim.blogspot.com/ Cinta sejati dari seorang manusia rela mengorbankan apa saja. Seperti halnya Adam yang rela keluar dari surga demi membahagiakan kekasihnya Hawa. Mencintai tidak harus memiliki, mencintai adalah memberi tanpa berharap untuk diberi Kasih sayang terindah adalah kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.http://wahyualinursalim.blogspot.com/ Kasih sayang ayah sepanjang jalan, kasih sayang ibu sepanjang hayat Tuhan menurunkan cinta bagi manusia untuk mengetahui keindahan Surga. Hidup tanpa cinta adalah neraka yang hadir ke muka bumi Hidup dengan mencintai adalah seperti domino, saat cinta itu terjatuh, maka sisi lain dari kehidupan juga ikut rubuh. http://wahyualinursalim.blogspot.com/ Jika hidup memberikan seribu alasan untuk tersenyum, maka cinta memberikan sejuta alasan untuk menangis. Kebahagiaan bukan berasal dari orang lain, tapi datang dari dalam hati sendiri. Hati seorang wanita bisa menyimpan rahasia sedalam samudra dan setinggi bintang-bintang di angkasa. Jika kamu merasakan patah hati, berarti itu adalah tanda untuk mencoba mencintai yang baru. Dalam matematika cinta, satu ditambah satu sama dengan tak terhingga, sementara dua dikurangi satu adalah kehampaan. http://wahyualinursalim.blogspot.com/ Rasa rindu adalah saat mata terpejam namun bayangannya selalu terkenang. Penderitaan adalah bukan tidak memiliki harta, bukan tidak mencapai tahta, tapi karena tidak bisa merasakan indahnya cinta Cinta wanita adalah rasa ingin memberi, cinta seorang pria adalah rasa ingin memiliki http://wahyualinursalim.blogspot.com/ Rasa cinta terindah adalah saat hati kita hanya merindukan kekekalan bersama sang Pencipta Perasaan cinta adalah penderitaan yang paling di cari oleh manusia Jika kau ingin dicintai, belajarlah untuk rela disakiti Penderitaan terdasyat adalah kehilangan dan patah hati Jika cinta sudah melekat, butiran pasir pun terasa coklat Cinta bisa pudar beriring waktu. Hanya kasih sayang yang akan terus abadi Cinta selalu diiringi dengan dua hal : air mata kerinduan dan debaran hasrat Hidup seakan mati saat cinta telah dikhianati Orang paling beringas sekalipun pasti mendambakan cinta Satu-satunya cara untuk tidak patah hati adalah dengan tidak mencintai http://wahyualinursalim.blogspot.com/

cinta

geh tek kandani Pembalasan terbaik bagi org yg menyakitimu adl dgn menunjukkan bhw dia bkn lg alasan bagimu utk tersenyum & menangis. Jangan mudah menyerah dan terus memikirkan kekurangan yg ada pada dirimu, karena setiap kegagalan berimu pelajaran tuk bisa lebih baik lagi. Jangan pernah merasa dirimu sendiri dalam hidup ini, karena selalu ada seseorang yg peduli, yg menyebutkan namamu setiap doanya. Dalam mencoba sesuatu yg baru, tak ada yg salah dengan rasa takutmu, karena yg terpenting, jangan biarkan kata menyerah ada di benakmu. .manut ro wahyu

kata mutiara


"Setiap saat dalam hidupmu adalah ibarat gambar yang belum pernah terlihat, dan gambar yang tidak akan pernah terlihat lagi. Jadi, nikmati hidupmu dan jadikan setiap momen menjadi indah". "Jangan merusak apa yang kau miliki sekarang dengan mengejar sesuatu yang tidak mungkin kau miliki. Sebab, apa yang ada padamu saat ini bisa jadi merupakan salah satu dari banyak hal yang paling kau impikan." "Jika kamu berdoa, jangan meminta kehidupan yang mudah, tetapi mintalah kepada tuhan untuk menjadikanmu pribadi yang kuat." "Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, sepeda harus terus berjalan. Demikian pula hidup ini." "Rayakanlah setiap hari dalam hidupmu karena sesungguhnya hari esok akan datang sangat cepat." "Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup sebab pendidikan yang sesungguhnya adalah kehidupan itu sendiri." "Tidak ada hal yang lebih lembut dari kekuatan, dan tidak ada hal yang lebih kuat dari kelembutan." "Orang bebal selalu mengira bahwa tuhan ada di sampingnya. Sebaliknya, orang bijak selalu berusaha mendekatkan diri kepada tuhan." "Senyuman merupakan hal kecil yang dapat membuat hidup ini menjadi lebih mudah." "Hidup melalui jalan tanpa hambatan sangat jarang berujung pada kesuksesan." "Kesenanagan terbesar dalam hidup ini adalah melakukan hal, dimana orang lain menganggap bahwa kita tidak mampu melakukan hal tersebut." “Alasan kenapa seseorang tak pernah meraih cita-citanya adalah karena dia tak mendefinisikannya, tak mempelajarinya, dan tak pernah serius berkeyakinan bahwa cita-citanya itu dapat dicapai” (Dr Denis Waitley, pakar motivasi dan penulis buku-buku self-help) “Saya memiliki tiga harta. Jaga dan peliharalah: cinta yang dalam, kesederhanaan, ketidakberanian memenangkan dunia. Dengan cinta yang dalam, seseorang akan jadi pemberani. Dengan kesederhanaan, seseorang akan menjadi dermawan. Dengan ketidakberanian memenangkan dunia, seseorang akan menjadi pemimpin dunia” (Lao-tzu, Filsuf China) “Anda harus melakukan sesuatu yang Anda pikir tak akan bisa Anda lakukan” (Eleanor Roosevelt, mantan Ibu Negara AS) “Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti” (Kahlil Gibran, Pujangga) “Orang yang terlalu sibuk sangat jarang bisa mengubah pendapatnya” (Friedrich Nitezche (1844-1900), filsuf Jerman) “Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang Anda miliki, bukan pula berasal dari siapa diri Anda, atau apa yang Anda kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran Anda” Dale Carnegie (1888–1955), Pakar Motivasi-Penulis AS “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Bisa jadi Anda rasakan dalam semenit, sejam, sehari, atau setahun. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya” (Lance Armstrong, Mantan Atlet Balap Sepeda AS) “Suatu pekerjaan yang paling tak kunjung bisa diselesaikan adalah pekerjaan yang tak kunjung pernah dimulai” (JRR Tolkien, penulis Novel The Lord of the Rings) "Sedikit orang kaya yang memiliki harta. Kebanyakan harta yang memiliki mereka" –Robert G. Ingersoll "Hidup manusia penuh dengan bahaya, tetapi justru di situlah letak daya tariknya" –Edgar Alnsel Mowrer "Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang." John D.Rockefeller "Realitas selalu lebih konservatif daripada ideologi" — Raymond Aron "Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah." – Thomas Alva Edison "Jadilah diri anda sendiri. Siapa lagi yang bisa melakukannya lebih baik ketimbang diri anda sendiri?" – Frank Giblin, Ii "Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh." – Confusius "Kesempatan anda untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur oleh seberapa besar kepercayaan anda pada diri sendiri." – Robert Collier

Sabtu, 29 Desember 2012

ADMINISTRASI KELAS,SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN


ADMINISTRASI KELAS,SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN 


 A. ADMINISTRASI KELAS
Kelas adalah sebuah ruang dilembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sehingga terjadilah perubahan tingkah laku. Agar pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah, dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa administrasi kelas. Dengan administrasi / pengelolaan kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik, yang memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula, dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. Depdiknas (1995:11) menyebutkan 8 aspek pengelolaan kelas, yaitu: 
1. Mengecek kehadiran siswa
2. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
3. Pendistribusian bahan dan alat 
4. Mengumpulkan informasi dari siswa 
5. Mencatat data siswa 
6. Pemeliharaan asrip 
7. Menyampaikan materi pembelajaran 
8. Memberikan tugas/PR
         Bidang garapan administrasi pendidikan, merupakan kegiatan catat mencatat (recording) dan lapor melapor (reporting) seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan didialam kelas, yang meliputi: 
1.   Buku supervisi
2.   Buku peniramaan dan pengambilan rapor 
3.   Daftar hadir siswa (absen) 
4.   Buku penilaian  
5.   Buku mutasi siswa
6.   Buku notulen rapat      
7.   Grafik absen siswa     
8.   Jadwal pelajaran 
9.   Buku keuangan
10. Papan absen harian 
11. Buku tamu
12 Denah tempat duduk siswa 
13. Buku BP
14. Daftar inventaris kelas 
15. Buku UKS/berobat
16. Kalender pendidikan

a) Kegiatan administratif manajemen kelas 
1.1 Perencanaan kelas Perencanaan yang utama adalah menjabarkan kurikulum menjadi program pembelajaran yang konkrit sesuai dengan waktu yang tetsedia. Seperti: program tahunan, program semester, program bulanan,program mingguan, dan program harian. Selain itu perlu juga kegiatan ekstrakurikuler seperti: program pramuka,olahragakesenian,les belajar tambahan, bimbingan konseling, uks, dsb. 
1.2 Pengorganisasian kelas Guru diharapkan dapat membagi beban kerja, tanggung jawab,wewenang kepada semua pihak (guru dan guru) dan juga mengikut sertakan siswa dalam pengelolaan kelas. Melengkapi alat-alat yang diperlukan dan membuat struktur organisasi kelas. 
1.3 Pengarahan kelas Pengarahan kelas dilakukan agar setiap kegiatan tidak menyimpang dari tujuan dan ketentuan. Hal ini tentunya memerlukan bimbingan dan kerjasama dengan kepala sekolah,supervisor, dan konselor dengan jalan musyawarah. 
1.4 Koordinasi kelas Koordinasi bertujuan membawa semua material,fasilitas, dan teknik-teknik kedalam hubungan kerja yang harmonis dengan tugas dan peranan masing-masing untuk menyampaikan saran, pendapat dan gagasan baik dalam bidang kerjanya sendiri maupun bidang kerja yang menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. 
1.5 Komunikasi kelas Menonjolkan hubungan manusiawi yang harmonis, dengan cara musyawarah,diskusi baik hubungan pribadi maupun kelompok dengan menggunakan jaringan komunikasi yang berdaya guna. 
1.6 Kontrol kelas Apabila ada yang menemukan kekurangan tentunya perlu adanya upaya perbaikan, untuk itu perlu adanya control kerja terhadap program kelas yang telah disusun. Apabila ini sudah dilakukan maka akan muncul penilaian terhadap keberhasilan dan kegagalan kerja yang dilakukan. 

 b.) kegiatan operatif manajemen kelas 

2.1 tata usaha kelas 
     a. Menghimpun dan mencatat data siswa yang bersifat tetap. 
     b. Menncatat dan membuat buku inventaris kelas 
     c. Membuat jadwal pelajaran 
     d. Membuat dan mengirim laporan kelas tentang siswa 
     e. Menyelenggarakan surat menyurat kelas, mengagendakan,menanggapi/menjawab, dan mengarsipkan. 
2.2 kegiatan perbekalan kelas 
  a. Alat pendidikan yang berhubungan langsung dengan proses brelajar mengajar (papan tulis, buku sumber,alat olahraga, kesenian, dsb)
    b. Alat non-kependidikan yang tidak langsung berhubungan: meja dan kursi guru dan siswa, lemari, papan absen, buku agenda, buku raport, buku pribadi murid, buku absensi, dsb 
2.3 kegiatan keuangan kelas Untuk melaksanakan program kelas, diperlukan sejumlah dana yang bersemuber dari: pemerintah pusat, pemprop dan pemkab, donator,dll 
2.4 kegiatan pembinaan personal kelas Pengaturan tempat duduk siswa dengan berbagai pertimbangan. 

B. ADMINISTRASI SEKOLAH 
         Administrasi sekolah merupakan salah satu bagian dari administrasi pendidikan, yaitu administrasi pendidikan yang dilaksanakan disekolah. Salah satu alat administrasi disekolah adalah tata usaha. Secara sederhana dapat dikemukakan bahwa administrasi sekolah adalah semua kegiatan yang dijalankan disekolah untuk mencapai tujuan pendidikan disekolah. Administrasi sekolah, memberikan kewenangan penuh kepada pihak sekolah untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi komponen-komponen pendidikan sekolah yang bersangkutan. 
 Prinsip Umum 
a) Administrasi Sekolah bersifat praktis dan fleksibel, dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan situasi nyata di sekolah. 
b) Administrasi Sekolah berfungsi sebagai sumber informasi bagi peningkatan pengelolaan pendidikan dan kegiatan belajar-mengajar. 
c) Administrasi Sekolah dilaksanakan dengan suatu sistem mekanisme kerja yang menunjang realisasi pelaksanaan kurikulum.
 Komponen-komponen administrasi sekolah Adapun Komponen-komponen administrasi sekolah yaitu: 
 1. Adminsitrasi Kesiswaan
 Secara umum administrasi sekolah adalah kegiatan pencatatan yang berkaitan dengan siswa. Adminsitrasi kesiswaan mencakup: • Jumlah siswa, yang terdiri dari: (a) jumlah siswa secara keseluruhan, (b) jumlah siswa tiap angkatan (berdasarkan tahun masukan) , dan (c) jumlah jumlah siswa tiap-tiap kelas. • Identitas siswa, yang mencakup: (a) jenis kelamin, (b) usia siswa , dan (c) latar sosial siswa. Fungsi Administrasi Kesiswaan a) mengetahui secara umum kondisi siswa yang sedang mengikuti pembelajaran pada setiap tahun pembelajaran b) merencanakan jumlah siswa yang dapat direkrut untuk tahun pembelajaran berikutnya, c) sebagai masukan dalam menerncanakan Rencana Anggaran Pendepatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)
. 2. Administrasi Kurikulum 
 Administrasi Kurikulum meliputi kegiatan pencataan dan pengelolaan kurikulum. Kegiatan tersebut meliputi: a) ketersediaan kurikulum yang digunakan sebagai pegangan mengajar pada tiap angkatan, b) ketersediaan jabaran kurikulum dari tiap-tiap mata pelajaran , yang meliputi: SK (Standar Kompetensi), KD (Kompetensi Dasar), dan Indikator. c) ketersediaan Satuan Acara pembelajaran /Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada tiap mata pelajaran pada setiap tingkatan kelas. d) deskripsi sajian pokok bahasan dari tiap mata pelajaran untuk tiap-tiap semester pembelajaran.
 3. Administrasi pendidik dan tenaga kependidikan 
 Tenaga pendidik, berdasarkan UU 20/2003 adalah tenaga yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya dan ditugaskan untuk mengajar/sebagai guru. Sedangkan tenaga kependidikan adalah tenaga yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya yang ditugaskan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Tenaga pendidik di sekolah adalah guru, sedangkan Tenaga kependidikan adalah: (a) Pustakawan, (b) Laboran, dan (c)Teknisi sumber belajar.
                  Tenaga pendidik dan kependidikan bertugas : menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti, mengembangkan, mengelola, dan/atau memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan. Secara umum fungsi administrasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan adalah: • untuk menghitung ketersedian jmlah tenaga berdasarkan jumlah rombongan belajar pda tiap-tiap kelas, sehingga tidak terjadi overload ja pembelajaran. • untuk digunakan sebagai dasar perencanaan penambahan dan pengembangan tenaga.
 4. Administrasi Sarana-Prasarana Prasarana sekolah
           Secara umum prasarana sekolah meliputi: (1) lapangan sekolah , (2) gedung, (3) ruang kelas, (4) meja kursi guru dan siswa, (5) gudang, (6) kamar mandi, (7) perpustakaan sekolah, (8) laboratorium, (9) telepon/fax, dll. Sedangkan sarana sekolah adalah meliputi semua benda/barang yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran.
            Sarana sekolah meliputi: (1) kurikulum, (b) buku peganganguru, (c) buku bacaan siswa, (d) alat-alat laboratorium,(e) Alat tulis kantor, (f) alat bantu media pembelajaran,dll. Administrasi sarana prasarana sekolah meliputi: • Jumlah prasarana yang dimiliki sekolah, kondisi dan statusnya nya pada tahun tertentu, yang meliputi: jumlah sarana yang dimiliki sekolah dan kondisinya pada tahun tertentu, baik yang bersifat tetap dan habis pakai. • Hal-hal yang dicatat dalah administrasi sarana danprasarana adalah: (1) jumlah sarana prasarana, macam dan jenis sarana prasana, (2) tanggal pembelian/penggadaan, (3) lokasi sarasa, dan (4) kondisi sarana prasarana. Fungsi Administrasi Sarana Prasarana disamping mencactat keberadaan sarana dan prasarana sekolah juga untuk: (1) memberi masukan pada pemimpin sekolah yang berkaitan dengan perbaikan berdasarkan kondisi yang ada, dan (2) penambahan sarana prasarana sekolah berdasarkan jumlah siswa yangmengikuti proses pembelajaran. 

5. Administrasi Keuangan
 Komponen keuangan sekolah merupakan ketatausahaan dan tindakan keuangan meliputi: pencatatan data, perencanaan,pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban keuangan. Adapun tugas keuangan yaitu antara lain : • Perencanaan RAPBS • Pelaksanaan anggaran dan Pertanggung jawaban Keuangan.  Bantuan operasional sekolah (BOS)ü  Bantuan operasional Pendidikan (BOP)ü ü Komite Sekolah  Zakat, Infaq dan Shadaqah.ü

 6. Administrasi Kearsipan 
Adapun pekerjaan dari tenaga administrasi kearsipan meliputi ; • Mencatat surat masuk dan keluar. • Membuat surat – surat kedinasan. • Menyampaikan surat dinas kepada yang instansi terkait. • Memelihara dan meyimpan arsip surat – surat. 

 7. Administrasi Humas (Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat) Sekolah sebagai suatu sistem sosial merupakan bagian integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat. Menurut kurikulum tahun 1975 (buku III D) kegiatan yang mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi : • mengatur hubungan sekolah dengan orang tua murid. • Memelihara hubungan baik dengan badan pembantu penyelenggara pendidikan (BP3). • Memelihara dan mengembangkan hubungan sekolah • dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta danorganisasi sosial. • Memberikan pengertian kepada masyarakat tentangsanksi sekolah, melalui bermacam-macam tekniskomunikasi. Bentuk kegiatan hubungan masyarakat yang melibatkan guru, antara lain • Pengabdian pada masyarakat, misalnyamemberi ceramah, ikut membina karangtaruna, bekerjasama dengan masyarakatsekitar dan sebagainya. • Duduk dalam kepanitiaan tertentubersama warga masyarakat setempat. • Ikut rapat bersama BP3/orang tua murid • Ikut menjaga dan mempertahankan nama baik sekolah. •

 C. ADMINISTRASI PENDIDIKAN 

 Administrasi pendidikan memiliki cakupan yang lebih luas daripada administrasi kelas, maupun administrasi sekolah. Administrasi pendidikan melibatkan banyak pihak diantaranya para kepala sekolah, para Pembina, pengawas, pejabat-pejabat senior dilingkungan depertemen P dan K, guru, staf sekolah serta peserta didik yang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan pendidikan.
 Pada dasarnya proses administratif pendidikan meliputi: 
 1. Perencanaan (planning)
 2. Pengorganisasian (organizing)
 3. Pemberian bimbingan (counseling) 
 4. Pengoordinasian(coordinating) 
 5. Pengomunikasian(communication) 
 6. Pengontrolan(controlling) 
 7. Penilaian(evaluating)

         Lembaga pendidikan seperti organisasi sekolah merupakan kerangka kelembagaan dimana administrasi pendidikan dapat berperan dalam mengelola organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dilihat dari tingkatan-tingkatan suatu organisasi dalam hal ini sekolah, administrasi pendidikan dapat dilihat dalam tiga tingkatan yaitu: (Murphy dan Louis, 1999):
1. Tingkatan institusi (Institutional level). Tingkatan institusi berkaitan dengan hubungan antara lembaga pendidikan (sekolah) dengan lingkungan eksternal. 
2. Tingkatan manajerial (managerial level) Tingkatan manajerial berkaitan dengan kepemimpinan, dan organisasi lembaga (sekolah). 
3. Tingkatan teknis (technical level) Tingkatan teknis berkaitan dengan proses pembelajaran. Dengan demikian administrasi pendidikan dalam konteks kelembagaan pendidikan mempunyai cakupan yang luas, disamping itu bidang-bidang yang harus ditanganinya juga cukup banyak dan kompleks dari mulai sumberdaya fisik, keuangan, dan manusia yang terlibat dalam kegiatan proses pendidikan di sekolah