LAPORAN
PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN SISWA
Diajukan
sebagai Salah Satu Tugas Individu Mahasiswa Pada
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL)
Institut
Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG)
Di SMP
Nurul Huda Gandrungmangu
Tahun
Ajaran 2012/ 2013
Disusun
Oleh :
Nama :
NUR KHAYATI
NIM :
092320110
Fakultas : Tarbiyah
Priode :
2012/ 2013
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHAZALI
(IAIIG) CILACAP TAHUN 2013
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Layanan Bimbingan Siswa ini telah disetujui dan disahkan sebagai
salah satu tugas individu mahasiswa pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Keguruan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Kesugihan
Cilacap di SMP Nurul Huda Gandrungmangu tahun akademik 2012 / 2013 yang
dilaksanakan mulai tanggal 09 Januari 2013 sampai dengan tanggal 18 Februari
2013.
Disetujui
dan disahkan pada :
Hari :
Senin
Tanggal : 18 / Februari /2013
Mengetahui :
Kepala sekolah Guru
BK
SMP Nurul Huda SMP
Nurul huda
H. Markum
Thahir Muh.
Asnawi, S.Sos.I
NIP._ NIP._
Dosen
Pembimbing Lapangan
Fachrur Rozi, M.
Hum
NIK.
HALAMAN
PENYERAHAN TUGAS PPL
Telah menyerahkan laporan Praktik Lapangan
Bimbingan Siswa kepada Guru BK, DPL, dan Panitia PPL Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap.
Cilacap,18
Februari 2013
Mahasiswa
Praktikan Guru
BK
Nur
Khayati Muh.
Asnawi, S.Sos.I
NIM.092320110 NIP_
Panitia PPL DPL
( ) Fachrur
Rozi, M. Hum
NIK_
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan yang telah memberikan kasih sayang,
hidayah dan kekuatannya kepada saya dalam menyusun Laporan Layanan Bimbingan
Siswa di SMP Nurul Huda Gandrungmangu, Cilacap. Laporan Layanan Bimbingan Siswa
ini disusun guna melengkapi salah satu tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Keguruan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap Tahun 2013, tentang
Layanan Bimbingan dan Konseling kepada siswa/siswi di sekolah merupakan salah
satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan (sekolah), karena
dengan Layanan Bimbingan dan Konseling, para siswa/siswi diberi motivasi dan
bantuan secukupnya untuk bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang
dihadapinya sendiri, sehingga siswa/siswi sejak dini sudah dilatih menjadi
orang yang dewasa dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan permasalahan
hidup yang dihadapinya.
Selanjutnya saya menyadari bahwa laporan Layanan Bimbingan ini tersusun
bukan mutlak hasil dari jerih payah saya sendiri, melainkan banyak pihak yang
turut andil membantu saya dalam menyusun laporan ini, maka penyusun tidak lupa
mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Bapak KH. Drs. Nasrulloh Muchson,
selaku Rektor IAIIG Cilacap beserta segenap Civitas Akademika.
2.
Bapak Lumaur Ridlo,S. Psi. selaku
Dekan Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap
3.
Bapak Fachrur Rozi, M. Hum selaku
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
4.
Bapak H. Markum Thahir, selaku
Kepala Sekolah SMP Nurul Huda Gandrungmangu Cilacap, yang telah memperkenankan
saya selaku Mahasiswa Praktikan PPL dengan senang hati dan memberi kesempatan
serta mendukung pada semua kegiatan yang saya agendakan.
5.
Bapak Muh. Asnawi,S.Sos.I selaku
Guru BK/BP yang saya jadikan sebagai tempat
“berbagi” tentang masalah-masalah yang hadapi dalam pelaksanaan PPL.
6.
Bapak/Ibu Guru dan seluruh Staf
karyawan SMP Nurul Huda Gandrungmangu, atas kritik saran dan pengalaman yang
telah diberikan.
7.
Pupung Kismanto, selaku klien yang
mau berbagi keluh-kesah dengan saya.
8.
Seluruh siswa-siswi SMP Nurul Huda
Gandrungmangu, yang telah ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam
PPL Keguruan IAIIG Cilacap tahun 2013
9.
Seluruh sahabat-sahabati anggota
PPL Keguruan IAIIG Cilacap Tahun 2013, atas kekompakan dan kesetiakawanannya
dalam suka dan duka.
10. Ayah, ibu, adikku serta Beiby tercinta yang senantiasa
memberikan dorongan baik moril maupun spiritual, sehingga saya merasa percaya
diri dalam setiap mengambil keputusan.
11. Dan seluruh pihak – pihak yang telah membantu saya baik secara
langsung maupun tidak langsung, moril maupun spirituil, dengan ketulusan dan
keikhlasan, semoga semua ternilai sebagai ‘Amalan Maqbullan ‘Indallah.
Amien. Kepada semua, penyusun hanya dapat mengucapkan Jazakumullah Khairan
Katsiran, dan terima kasih yang sebesar – besarnya.
Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan, maka dari itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang
membangun guna perbaikan selanjutnya. Penyusun berharap semoga laporan ini
dapat berguna khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi semua pembaca.
Cilacap,18 Februari 2013
Mahasiswa Praktikan
NUR KHAYATI
NIM :092320110
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN PENYERAHAN TUGAS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
: PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Pengertian
Bimbingan dan Konseling
C.
Tujuan Bimbingan dan Konseling
D.
Fungsi Bimbingan dan Konseling
BAB II :
URAIAN ISI
A.
Identifikasi Klien
B. Informasi
Data
C.
Diagnosa
D.
Pragnosa
E. Pemberian
Bantuan
F.
Follow Up
G.
Evaluasi
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
– saran
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam
mewujudkan masa depan bangsa. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup
manusia yang sangat penting. Pendidikan mutlak ada dan selalu diperlukan selama
ada kehidupan. Semua proses yang dilakukan dalam pendidikan pada hakekatnya
adalah membentuk akhlak yang terpuji pada diri anak. Melalui pendidikanlah
memungkinkan adanya suatu usaha yang sistematis untuk merekayasa sedemikian
rupa dalam membentuk watak dan karakter seorang anak seperti apa yang
diinginkan.
Pendidikan adalah fenomena utama dalam kehidupan
manusia di mana orang yang telah dewasa membantu pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik untuk menjadi
dewasa. Pada masa ini siswa mulai mengalami perubahan pada dirinya yang meliputi
aspek fisik, sosial, mental dan intelektual. ciri yang paling menonjol pada
masa ini adalah besarnya dorongan untuk memperoleh pengakuan eksistensi dirinya
serta besarnya dorongan untuk memasuki
kehidupan sebaya, sehingga pada masa-masa ini sangat rentan sekali
terjadi koflik-konflik sosial diantara remaja yang satu dengan lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka sekolah sebagai
salah satu tempat mengenalkan nilai-nilai sudah seharusnya tahu terhadap
kondisi yang di alami oleh para siswa / siswinya yang nota benenya sedang dalam
masa remaja, yaitu dengan adanya layanan Bimbingan Siswa. Layanan Bimbingan
Siswa ini, lebih menekankan kepada aspek bimbingan pribadi / sosial, belajar
dan karier.
Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistematik
dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal,
pengembangan perilaku yang evektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan
fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. semua perubahan perilaku
tersebut merupakan proses perkembangan individu, yakni proses interaksi antara
individu dan lingkungan melalui interaksi yang sehat dan produktif.
Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung
jawab yang penting untuk mengembangkan lingkungan, membangun interaksi dinamis
antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan,
merubah dan memperbaiki perilaku.
B.
PENGERTIAN BIMBINGAN DAN
KONSELING
Bimbingan
adalah pemberian bantuan kepada orang atau sekelompok orang dalam dalam membuat
pilihan- pilihan secara bijaksana dan dalam mengadakan penyesuaian diri
terhadap tuntunan- tuntunan hidup. Konseling yaitu suatu pertalian timbale
balik antara dua orang individu dimana yang seorang (koselor) membantu yang
lain (konselee), supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungan dengan
masalah- masalah hidup yang dihadapinya pada waktu itu dan pada waktu yang akan
datang. Layanan bimbingan dan konseling pada siswa merupakan bantuan yang
diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan
dan merencanakan masa depan. Bimbingan dalam rangka menemukan pribadi disini,
dimaksudkan membantu siswa untuk mengenal kelebihan dan kekurangan yang di
miliki, sehingga diharapkan akan muncul rasa percaya kepada dirinya sendiri.
C.
TUJUAN BIMBINGAN DAN
KONSELING
Tujuan umum
Layanan Bimbingan siswa adalah
1.
Untuk memberikan bantuan kepada
siswa / siswi yang memiliki masalah, baik yang berhubungan dengan sekolah,
pribadi, kelompok, keluarga, maupun masalah lainya agar bisa memecahkan
masalahnya sendiri secara dewasa dan bijaksana.
2.
Agar siswa / siswi memiliki
kepercayaan kepada diri, sehingga dalam menghadapi masalah yang ada bisa
terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain
3.
Memberikan pemahaman kepada siswa
/ siswi bahwa setiap orang pasti punya masalah dan memberikan kenyakinan kepada
siswa / siswi bahwa setiap masalah pasti bisa dicarikan jalan keluar dan
diselesaikan dengan baik
4.
Layanan Bimbingan dan Konseling
ini juga bertujuan mengenal lebih dekat latar belakang pribadi siswa / siswi yang
mempunyai masalah, baik dalam kesulitan komunikasi, keluarga maupun
masalah-masalah lainya, kemudian mengidentifikasikan sebab-sebab permasalahan
dan akhir memberikan alternatif pemecahan permasalahan atau kesulitannya dan
mendapatkan solusi atas permasalahan atau kesulitan yang sedang dihadapi.
Tujuan diadakan bimbingan siswa ini pada dasarnya mengarah kepada
pemberian bantuan pada siswa untuk memecahkan masalahnya serta mampu
mengembangkan dirinya sesuai dengan kecakapan, minat dan bakat secara optimal
sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri.
D.
FUNGSI BIMBINGAN DAN
KONSELING
Dalam Bimbingan dan Konseling dimasing-masing
institusi pendidikan diantaranya fungsinya adalah sebagai berikut :
a)
Fungsi pemahaman
Memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai
berbagai faktor penyebab masalah yang dihadapi atau memberikan pemahaman
terhadap siswa, lingkungan siswa demi perkembangan siswa sendiri
b)
Fungsi Pencegahan
Fungsi ini diberikan guna untuk tercegahnya atau
terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan atau kesulitan yang dapat
mengganggu, menghambat, ataupun menimbulkan kesulitan dalam proses
perkembangannya
c)
Fungsi Pengetasan
Dengan diberikannya bimbingan kepada siswa yang
mengalami kesulitan diharapkan menghasilkan suatu solusi yang dapat mengatasi
masalah- masalah atau kesulitan siswa.
d)
Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi ini merupakan proses yang harus terus
dilakukan supaya siswa diharapkan akan dapat terpelihara dan berkembangnya
kompetensi yang dimiliki siswa dalam rangka mewujudkan hakikat pendidikan.
Gandrungmangu,
18 Februari 2013
Guru BK
|
|
Mahasiswa Praktikan
|
|
|
|
|
|
|
Muh. Asnawi, S. Sos. I
NIP_
|
|
Nur Khayati
NIM 092320110
|
BAB II
URAIAN ISI
A.
Identifikasi Klien
Nama : Pupung Kismanto
Kelas : VIII D
Jenis Kelamin :
Laki- laki
Tempat Tanggal
lahir :
Cilacap, 7 Mei 1997
Agama : Islam
Anak ke : ke 3
Jumlah saudara :
a.
Anak kandung : 3 (Tiga)
b.
Anak Tiri : -
c.
Anak Angakat : -
Status dalam
keluarga : Anak Kandung
Bahasa Sehari-
hari :
Jawa
Alamat Asal : Gandrungmanis RT 02 RW 10
Alamat
Sekarang : Gandrungmanis RT 02 RW
10
Hoby : Sepak Bola
Cita – cita : menjadi
orang sukses
Nama Orang Tua :
a.
Ayah : Yatiman (Alm)
b.
Ibu : Ngaisah
Pekerjaan Orang
Tua :
a.
Ayah :-
b.
Ibu : Penjahit
Kasus
|
:
|
-
Datang selalu terlambat
-
Sering membolos
-
Diasuh oleh orangtua tunggal
(ayahnya meninggal sejak TK )
-
Kurang pengawasan dari orang tua
|
|
|
·
Kurang perhatian dari
ayah, karena ayahnya sudah meninggal sejak TK
·
Diasuh oleh orang tua
tunggal
·
Belum bisa menyesuaikan
diri dengan guru dengan mata pelajaran tertentu
|
B.
Informasi Data
o Proses pencarian data dan informasi
Data dan informasi diperoleh dari klien yang bersangkutan dengan
mengdukan secara langsung permasalahan yang dihadapi kepada konselor, kemudian konselor menanggapi dengan shering
dan interview dengan klien untuk menggali data dan informasi lebih lanjut.
o
Data diperoleh dengan
menggalih informasi dari wali kelas, dan beberapa teman satu kelas mengenai
keberadaan dan kebiasaan siswa yang menjadi klien tersebut.
C.
Diagnosa
·
Jenis masalah :
Sering tidak
berangkat sekolah atau bolos sekolah pada mata pelajaran tertantu.
·
Sebab masalah :
Kurangnya
perhatian dari orang tua dan merasa kesulitan dengan mata pelajaran.
D.
Pragnosa
Ø
Tujuan
Memberikan alternatif
solusi pemecahan masalah yang dihadapi dan pendampingan terhadap klien
Ø
Sasaran tingkah laku
·
Walaupun banyak masalah
janganlah terlalu dipikirkan berusahalah bersikap sabar dalam menghadapi semua
itu, karena setiap permasalahan pasti
ada jalan keluarnya
·
Merasa percaya diri dengan
kemampuan yang dimiliki untuk mencintai setiap mata pelajaran.
·
Bagaimana klien dapat
memposisikan dirinya untuk lebih baik dilingkungan serta mampu mengembangkan pribadinya secara
optimal.
Metode : Konseling individu
Tempat : Ruang Perpustakaan
Pelaksana : Nur khayati
E.
Pemberian Bantuan
Ø
Konseler menyarankan kepada
klien
1.
Menasehati tentang waktu belajar
yang baik
2.
Berusaha menyukai setiap mata pelajaran.
3.
Sadarilah bahwa manusia tidak ada
yang sempurna, kamu harus percaya dibalik kekuranganmu ada suatu kelebihan yang
tidak semua orang miliki. kamu harus yakin semua itu. (Likuli Insanin
Maziyatun)
4.
Syukurilah dengan apa yang kamu
miliki dan percayalah bahwa Allah telah memberikn terbaik buat kamu
F. Follow Up
Penyusun dalam memberikan tindak lanjut terhadap masalah tersebut adalah
sebagai berikut:
1. Memberikan perhatian
khusus pada diri kasus
2. Memberikan dorongan agar
termotivasi untuk belajar
3. Bekerjasama dengan wali
kelas terkait untuk membantu mendukung kasus dalam belajar.
G.
Evaluasi
Layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada
peserta didik merupakan proses yang berkesinambungan dan terus meneruskan, jadi
harus ada pendamping secara intensif, kemudian memberikan sasaran dan
pengarahan yang sifatnya membangun dan
memberikan motivasi agar lebih memiliki kepercayaan kepada diri sendiri, bahwa
allah itu maha adil dan mengetahui apa yang terbaik bagi mahluknya, maka kita
harus menerima apa yang telah dikehendaki oleh allah maka kita harus menerima
dengan lapang dada, kemudian memberikan bantuan dalam mencari solusi pemecahan
masalah, pada akhirnya peserta didik tersebut bisa menentukan masa depannya
sendiri dengan tanggung jawab
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Layanan Bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh
kami adalah suatu proses pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan dalam
menangani siswa yang memiliki masalah dengan berbagai metode yang dapat
digunakan dengan maksud agar upaya pemecahan masalah atau mencari solusi bisa
terealisir secara langsung dan dapat menjadi pedoman bagi kami ketika terjun
secara nyata dalam dunia pendidikan nantinya.
Dari praktek Layanan Bimbingan dan Konseling yang kami lakukan
selama praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMP Nurul Huda Gandrungmangu dapat
kami ambil kesimpulan sebagai berikut :
1)
Setiap peserta didik yang memiliki
permasalahan perlu mendapatkan bimbingan dan arahan, sehingga setiap guru
diharapkan memiliki kepekaan terhadap peserta didiknya.
2)
Pada dasarnaya siswa yang
bermasalah adalah siswa yang kurang mendapat
perhatian dan pengarahan dari orang tua.
3)
Dengan bimbingan yang diberikan
diharapkan mampu memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh klien
atau setidaknya dapat mengurangi permasalan yang sedang dihadapinya.
4)
Dalam Bimbingan dan Konseling
permasalahan yang ada, tidak harus selesai secara langsung, akan tetapi perlu
proses kesungguhan dan kesabaran dari pihak klien maupun konselor yang terus
menerus / berkesinambungan sampai benar-benar masalah yang dihadapi selesai
dengan baik.
B.
SARAN-SARAN
1)
Guru pembimbing dan konseling (BK)
merupkan guru yang mau mencari dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh
peserta didik / siswa untuk kemudian melakukan pendekatan secara personal,
untuk menggalih lebih lanjut tentang faktor-faktor penyebab masalah.
2)
Dalam berkomunikasi dengan klien,
konselor hendaknya memakai asas kekeluargaan, kesukarelaan dan keterbukaan
serta mau dan mampu menjadi “teman berbagi” dan juga bisa menyimpan rahasia
klien demi kebaikan bersama
3)
Terjalinnya kerjasama yang baik
antara pihak sekolah dan orang tua murid.
semoga bermanfaat bagi kamu nusa dan bangsa jiwa raga dan agama amin he.....................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar