Sabtu, 16 Februari 2013

PENELITIAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NURUL HUDA GANDRUNG MANGU 2013


LAPORAN
PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN SISWA






Diajukan sebagai Salah Satu Tugas Individu Mahasiswa Pada
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG)
Di SMP Nurul Huda Gandrungmangu
Tahun Ajaran 2012/ 2013
Disusun Oleh :
Nama               : NUR KHAYATI
NIM                : 092320110
Fakultas           : Tarbiyah
Priode             : 2012/ 2013

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHAZALI (IAIIG) CILACAP TAHUN 2013
HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Layanan Bimbingan Siswa ini telah disetujui dan disahkan sebagai salah satu tugas individu mahasiswa pada Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Kesugihan Cilacap di SMP Nurul Huda Gandrungmangu tahun akademik 2012 / 2013 yang dilaksanakan mulai tanggal 09 Januari 2013 sampai dengan tanggal 18 Februari 2013.

Disetujui dan disahkan pada :
Hari               :  Senin
Tanggal         : 18 / Februari /2013

Mengetahui     :
Kepala sekolah                                                            Guru BK
SMP Nurul Huda                                                        SMP Nurul huda
                                                   

H. Markum Thahir                                                      Muh. Asnawi, S.Sos.I
NIP._                                                                          NIP._

                                                   Dosen Pembimbing Lapangan              

Fachrur Rozi, M. Hum
NIK.




HALAMAN PENYERAHAN TUGAS PPL

Telah menyerahkan laporan Praktik Lapangan Bimbingan Siswa kepada Guru BK, DPL, dan Panitia PPL Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap.
Cilacap,18 Februari 2013

                        Mahasiswa Praktikan                                                  Guru BK

            NUR KHAYATI                                                       Muh. Asnawi, S.Sos.I
NIM.092320110                                                         NIP_


Panitia PPL                                                                 DPL

                                          
(                                               )                                               Fachrur Rozi, M. Hum
                                                                                                NIK_             









KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan yang telah memberikan kasih sayang, hidayah dan kekuatannya kepada saya dalam menyusun Laporan Layanan Bimbingan Siswa di SMP Nurul Huda Gandrungmangu, Cilacap. Laporan Layanan Bimbingan Siswa ini disusun guna melengkapi salah satu tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap Tahun 2013, tentang Layanan Bimbingan dan Konseling kepada siswa/siswi di sekolah merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan (sekolah), karena dengan Layanan Bimbingan dan Konseling, para siswa/siswi diberi motivasi dan bantuan secukupnya untuk bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya sendiri, sehingga siswa/siswi sejak dini sudah dilatih menjadi orang yang dewasa dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapinya.
Selanjutnya saya menyadari bahwa laporan Layanan Bimbingan ini tersusun bukan mutlak hasil dari jerih payah saya sendiri, melainkan banyak pihak yang turut andil membantu saya dalam menyusun laporan ini, maka penyusun tidak lupa mengucapkan  banyak  terima kasih kepada :
1.      Bapak KH. Drs. Nasrulloh Muchson, selaku Rektor IAIIG Cilacap beserta segenap Civitas Akademika.
2.      Bapak Lumaur Ridlo,S. Psi. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap
3.      Bapak Fachrur Rozi, M. Hum selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
4.      Bapak H. Markum Thahir, selaku Kepala Sekolah SMP Nurul Huda Gandrungmangu Cilacap, yang telah memperkenankan saya selaku Mahasiswa Praktikan PPL dengan senang hati dan memberi kesempatan serta mendukung pada semua kegiatan yang saya agendakan.
5.      Bapak Muh. Asnawi,S.Sos.I selaku Guru BK/BP yang saya jadikan sebagai tempat  “berbagi” tentang masalah-masalah yang hadapi dalam pelaksanaan PPL.
6.      Bapak/Ibu Guru dan seluruh Staf karyawan SMP Nurul Huda Gandrungmangu, atas kritik saran dan pengalaman yang telah diberikan.
7.      Pupung Kismanto, selaku klien yang mau berbagi keluh-kesah dengan saya.
8.      Seluruh siswa-siswi SMP Nurul Huda Gandrungmangu, yang telah ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam PPL Keguruan IAIIG Cilacap tahun 2013
9.      Seluruh sahabat-sahabati anggota PPL Keguruan IAIIG Cilacap Tahun 2013, atas kekompakan dan kesetiakawanannya dalam suka dan duka.
10.  Ayah, ibu, adikku serta Beiby tercinta yang senantiasa memberikan dorongan baik moril maupun spiritual, sehingga saya merasa percaya diri dalam setiap mengambil keputusan.
11.  Dan seluruh pihak – pihak yang telah membantu saya baik secara langsung maupun tidak langsung, moril maupun spirituil, dengan ketulusan dan keikhlasan, semoga semua ternilai sebagai ‘Amalan Maqbullan ‘Indallah. Amien. Kepada semua, penyusun hanya dapat mengucapkan Jazakumullah Khairan Katsiran, dan terima kasih yang sebesar – besarnya.
Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang membangun guna perbaikan selanjutnya. Penyusun berharap semoga laporan ini dapat berguna khususnya bagi penyusun dan umumnya bagi semua pembaca.
Cilacap,18 Februari 2013
Mahasiswa Praktikan

NUR KHAYATI
NIM :092320110
DAFTAR ISI
                                                                                       
HALAMAN JUDUL                                                                                                                       
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                
HALAMAN PENYERAHAN TUGAS                                                                
KATA PENGANTAR                                                                                            
DAFTAR ISI                                                                                                            
BAB I    : PENDAHULUAN                                                                                  
A. Latar Belakang                                                                                          
B. Pengertian Bimbingan dan Konseling                                                       
C. Tujuan Bimbingan dan Konseling                                                             
D. Fungsi Bimbingan dan Konseling                                                             
BAB II  : URAIAN ISI                                                                                
A. Identifikasi Klien                                                                                      
B. Informasi Data                                                                                          
C. Diagnosa                                                                                                   
D. Pragnosa                                                                                                    
E. Pemberian Bantuan                                                                                               
F. Follow Up                                                                                                  
G. Evaluasi                                                                                                     
BAB III : PENUTUP                                                                                  
A. Kesimpulan                                                                                               
B. Saran – saran                                                                                             


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan masa depan bangsa. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Pendidikan mutlak ada dan selalu diperlukan selama ada kehidupan. Semua proses yang dilakukan dalam pendidikan pada hakekatnya adalah membentuk akhlak yang terpuji pada diri anak. Melalui pendidikanlah memungkinkan adanya suatu usaha yang sistematis untuk merekayasa sedemikian rupa dalam membentuk watak dan karakter seorang anak seperti apa yang diinginkan.
Pendidikan adalah fenomena utama dalam kehidupan manusia di mana orang yang telah dewasa membantu pertumbuhan dan perkembangan  peserta didik untuk menjadi dewasa. Pada masa ini siswa mulai mengalami perubahan pada dirinya yang meliputi aspek fisik, sosial, mental dan intelektual. ciri yang paling menonjol pada masa ini adalah besarnya dorongan untuk memperoleh pengakuan eksistensi dirinya serta besarnya dorongan untuk memasuki  kehidupan sebaya, sehingga pada masa-masa ini sangat rentan sekali terjadi koflik-konflik sosial diantara remaja yang satu dengan lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka sekolah sebagai salah satu tempat mengenalkan nilai-nilai sudah seharusnya tahu terhadap kondisi yang di alami oleh para siswa / siswinya yang nota benenya sedang dalam masa remaja, yaitu dengan adanya layanan Bimbingan Siswa. Layanan Bimbingan Siswa ini, lebih menekankan kepada aspek bimbingan pribadi / sosial, belajar dan karier.
Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistematik dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang evektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. semua perubahan perilaku tersebut merupakan proses perkembangan individu, yakni proses interaksi antara individu dan lingkungan melalui interaksi yang sehat dan produktif.
Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan lingkungan, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku.

B.     PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING
 Bimbingan adalah pemberian bantuan kepada orang atau sekelompok orang dalam dalam membuat pilihan- pilihan secara bijaksana dan dalam mengadakan penyesuaian diri terhadap tuntunan- tuntunan hidup. Konseling yaitu suatu pertalian timbale balik antara dua orang individu dimana yang seorang (koselor) membantu yang lain (konselee), supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungan dengan masalah- masalah hidup yang dihadapinya pada waktu itu dan pada waktu yang akan datang. Layanan bimbingan dan konseling pada siswa merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Bimbingan dalam rangka menemukan pribadi disini, dimaksudkan membantu siswa untuk mengenal kelebihan dan kekurangan yang di miliki, sehingga diharapkan akan muncul rasa percaya kepada dirinya sendiri.

C.    TUJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tujuan umum Layanan Bimbingan siswa adalah
1.      Untuk memberikan bantuan kepada siswa / siswi yang memiliki masalah, baik yang berhubungan dengan sekolah, pribadi, kelompok, keluarga, maupun masalah lainya agar bisa memecahkan masalahnya sendiri secara dewasa dan bijaksana.
2.      Agar siswa / siswi memiliki kepercayaan kepada diri, sehingga dalam menghadapi masalah yang ada bisa terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain
3.      Memberikan pemahaman kepada siswa / siswi bahwa setiap orang pasti punya masalah dan memberikan kenyakinan kepada siswa / siswi bahwa setiap masalah pasti bisa dicarikan jalan keluar dan diselesaikan dengan baik
4.      Layanan Bimbingan dan Konseling ini juga bertujuan mengenal lebih dekat latar belakang pribadi siswa / siswi yang mempunyai masalah, baik dalam kesulitan komunikasi, keluarga maupun masalah-masalah lainya, kemudian mengidentifikasikan sebab-sebab permasalahan dan akhir memberikan alternatif pemecahan permasalahan atau kesulitannya dan mendapatkan solusi atas permasalahan atau kesulitan yang sedang dihadapi.
Tujuan diadakan bimbingan siswa ini pada dasarnya mengarah kepada pemberian bantuan pada siswa untuk memecahkan masalahnya serta mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan kecakapan, minat dan bakat secara optimal sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri.

D.    FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING
Dalam Bimbingan dan Konseling dimasing-masing institusi pendidikan diantaranya fungsinya adalah sebagai berikut :
a)      Fungsi pemahaman
Memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai berbagai faktor penyebab masalah yang dihadapi atau memberikan pemahaman terhadap siswa, lingkungan siswa demi perkembangan siswa sendiri
b)      Fungsi Pencegahan
Fungsi ini diberikan guna untuk tercegahnya atau terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan atau kesulitan yang dapat mengganggu, menghambat, ataupun menimbulkan kesulitan dalam proses perkembangannya
c)      Fungsi Pengetasan
Dengan diberikannya bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan diharapkan menghasilkan suatu solusi yang dapat mengatasi masalah- masalah atau kesulitan siswa.
d)      Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi ini merupakan proses yang harus terus dilakukan supaya siswa diharapkan akan dapat terpelihara dan berkembangnya kompetensi yang dimiliki siswa dalam rangka mewujudkan hakikat pendidikan.

Gandrungmangu, 18 Februari 2013
Guru BK

Mahasiswa Praktikan






Muh. Asnawi, S. Sos. I
NIP_

Nur Khayati
NIM 092320110




BAB II
URAIAN ISI
A.    Identifikasi Klien
Nama                           :  Pupung Kismanto
Kelas                           : VIII D
Jenis Kelamin              :  Laki- laki
Tempat Tanggal lahir  :  Cilacap, 7 Mei 1997
Agama                         : Islam
Anak ke                       : ke 3
Jumlah saudara            :
a.       Anak kandung            : 3 (Tiga)
b.      Anak Tiri         :  -
c.       Anak Angakat : -
Status dalam keluarga : Anak Kandung
Bahasa Sehari- hari     :  Jawa
Alamat            Asal                : Gandrungmanis RT 02 RW 10
            Alamat Sekarang         : Gandrungmanis RT 02 RW 10
Hoby                           :  Sepak Bola
Cita – cita                    :  menjadi  orang sukses
Nama Orang Tua         :
a.       Ayah               : Yatiman (Alm)
b.      Ibu                   :  Ngaisah
Pekerjaan Orang Tua   :
a.       Ayah               :-
b.      Ibu                   : Penjahit        
Kasus     
:
-          Datang selalu terlambat
-          Sering membolos
-          Diasuh oleh orangtua tunggal (ayahnya meninggal sejak TK )
-          Kurang pengawasan dari orang tua


·         Kurang perhatian dari ayah, karena ayahnya sudah meninggal sejak TK
·         Diasuh oleh orang tua tunggal
·         Belum bisa menyesuaikan diri dengan guru dengan mata pelajaran tertentu


B.       Informasi Data
o   Proses pencarian data dan informasi
Data dan informasi diperoleh dari klien yang bersangkutan dengan mengdukan secara langsung permasalahan yang dihadapi  kepada konselor,  kemudian konselor menanggapi dengan shering dan interview dengan klien untuk menggali data dan informasi lebih lanjut.
o   Data diperoleh dengan menggalih informasi dari wali kelas, dan beberapa teman satu kelas mengenai keberadaan dan kebiasaan siswa yang menjadi klien tersebut.
C.      Diagnosa
·         Jenis masalah         :
Sering tidak berangkat sekolah atau bolos sekolah pada mata pelajaran tertantu.
·         Sebab masalah       :
Kurangnya perhatian dari orang tua dan merasa kesulitan dengan mata pelajaran.

D.    Pragnosa
Ø  Tujuan
         Memberikan alternatif solusi pemecahan masalah yang dihadapi dan pendampingan terhadap klien
Ø  Sasaran tingkah laku
·         Walaupun banyak masalah janganlah terlalu dipikirkan berusahalah bersikap sabar dalam menghadapi semua itu,  karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya
·         Merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencintai setiap mata pelajaran.
·         Bagaimana klien dapat memposisikan dirinya untuk lebih baik dilingkungan  serta mampu mengembangkan pribadinya secara optimal.

Metode         : Konseling individu
Tempat         : Ruang Perpustakaan
Pelaksana     : Nur khayati

E.     Pemberian Bantuan
Ø  Konseler menyarankan kepada klien
1.     Menasehati tentang waktu belajar yang baik
2.     Berusaha menyukai setiap mata pelajaran.
3.     Sadarilah bahwa manusia tidak ada yang sempurna, kamu harus percaya dibalik kekuranganmu ada suatu kelebihan yang tidak semua orang miliki. kamu harus yakin semua itu. (Likuli Insanin Maziyatun)
4.     Syukurilah dengan apa yang kamu miliki dan percayalah bahwa Allah telah memberikn terbaik buat kamu

F.     Follow Up
Penyusun dalam memberikan tindak lanjut terhadap masalah tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan perhatian khusus pada diri kasus
2.      Memberikan dorongan agar termotivasi untuk belajar
3.      Bekerjasama dengan wali kelas terkait untuk membantu mendukung kasus dalam belajar.
                             
G.    Evaluasi
Layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada peserta didik merupakan proses yang berkesinambungan dan terus meneruskan, jadi harus ada pendamping secara intensif, kemudian memberikan sasaran dan pengarahan  yang sifatnya membangun dan memberikan motivasi agar lebih memiliki kepercayaan kepada diri sendiri, bahwa allah itu maha adil dan mengetahui apa yang terbaik bagi mahluknya, maka kita harus menerima apa yang telah dikehendaki oleh allah maka kita harus menerima dengan lapang dada, kemudian memberikan bantuan dalam mencari solusi pemecahan masalah, pada akhirnya peserta didik tersebut bisa menentukan masa depannya sendiri dengan tanggung jawab




BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Layanan Bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh kami adalah suatu proses pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan dalam menangani siswa yang memiliki masalah dengan berbagai metode yang dapat digunakan dengan maksud agar upaya pemecahan masalah atau mencari solusi bisa terealisir secara langsung dan dapat menjadi pedoman bagi kami ketika terjun secara nyata dalam dunia pendidikan nantinya.
            Dari praktek Layanan Bimbingan dan Konseling yang kami lakukan selama praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMP Nurul Huda Gandrungmangu dapat kami ambil kesimpulan sebagai berikut :
1)      Setiap peserta didik yang memiliki permasalahan perlu mendapatkan bimbingan dan arahan, sehingga setiap guru diharapkan memiliki kepekaan terhadap peserta didiknya.
2)      Pada dasarnaya siswa yang bermasalah adalah siswa yang kurang mendapat  perhatian dan pengarahan dari orang tua.
3)      Dengan bimbingan yang diberikan diharapkan mampu memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh klien atau setidaknya dapat mengurangi permasalan yang sedang dihadapinya.
4)      Dalam Bimbingan dan Konseling permasalahan yang ada, tidak harus selesai secara langsung, akan tetapi perlu proses kesungguhan dan kesabaran dari pihak klien maupun konselor yang terus menerus / berkesinambungan sampai benar-benar masalah yang dihadapi selesai dengan baik.
B.     SARAN-SARAN
1)      Guru pembimbing dan konseling (BK) merupkan guru yang mau mencari dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik / siswa untuk kemudian melakukan pendekatan secara personal, untuk menggalih lebih lanjut tentang faktor-faktor penyebab masalah.
2)      Dalam berkomunikasi dengan klien, konselor hendaknya memakai asas kekeluargaan, kesukarelaan dan keterbukaan serta mau dan mampu menjadi “teman berbagi” dan juga bisa menyimpan rahasia klien demi kebaikan bersama
3)      Terjalinnya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua murid.







Jumat, 15 Februari 2013

MACAM MACAM MANAJEMEN

Macam-Macam Manajemen Hay sob ketemu lagi neh ma saya setelah sekian lama fakum dalam dunia perblogkan.. hehehehe maklum sibuk euy. ok langsung aja disini saya mau posting tentang macam-macam manajemen yang saya tau dari beberapa sumber yang Insyaallah dapat dipercaya....
1) Manajemen Sekolah
2) Manajemen Sumberdaya Manusia (SDM)
3) Manajemen Keuangan
4) Manajemen Pemasara.
5) Manajemen Hubungan Masyarakat
 Adapun penjabaran makna dari lima pemikiran diatas adalah sebagai berikut a) Manajemen Sekolah Menurut Nasuha Pengertian Manajemen Sekolah Dalam konteks pendidikan, memang masih ditemukan kontroversi dan inkonsistensi dalam penggunaan istilah manajemen. Di satu pihak ada yang tetap cenderung menggunakan istilah manajemen, sehingga dikenal dengan istilah manajemen pendidikan. Di lain pihak, tidak sedikit pula yang menggunakan istilah administrasi sehingga dikenal istilah adminitrasi pendidikan. Dalam studi ini, penulis cenderung untuk mengidentikkan keduanya, sehingga kedua istilah ini dapat digunakan dengan makna yang sama. Selanjutnya, di bawah ini akan disampaikan beberapa pengertian umum tentang manajemen yang disampaikan oleh beberapa ahli.
Dari Kathryn . M. Bartol dan David C. Martin yang dikutip oleh A.M. Kadarman SJ dan Jusuf Udaya (1995) memberikan rumusan bahwa : “Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling). Dengan demikian, manajemen adalah sebuah kegiatan yang berkesinambungan”. Sedangkan dari Stoner sebagaimana dikutip oleh T. Hani Handoko (1995) mengemukakan bahwa: “Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”. Secara khusus dalam konteks pendidikan, Djam’an Satori (1980) memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai “keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien”. Sementara itu, Hadari Nawawi (1992) mengemukakan bahwa “administrasi pendidikan sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal”. Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam, baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan, namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan, bahwa : Manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan; Manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya; dan Manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu. b) Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.[rujukan?] Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi. c) Manajemen Keuangan Manajemen keuangan atau pembiayaan merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, melaksanakan dan mengefaluasi serta mempertanggung jawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Dalam manajemen penidikan, masalah dana merupakan potensi yang sangat menentukan dan tidak bisa dipisahkan dari kajian manajemen pendidikan. Adapun biaya adalah keseluruhan dana baik secara langsung maupun tidak langsung yang diperoleh dari berbagai sumber. d) Manajemen Hubungan Msayarakat (Humas) Yang ini menurut Nasuha berfungsi sebagai pencitraan sekolah atau lembaga pendidikan. Humas itu sendiri merupakan fungsi manajemen yang diadakan untuk menilai dan menyimpulkan sikap-sikap publik, menyesuaikan kebijakan dan prosedur instansi atau organisasi untuk mendapatkan pengertian dan dukungan dari massyarakat

biasa lah copy paste...............

PUISI CINTA.

Kekasih yang terpilih.
Sesaat aku terhanyut dalam lautan cintanya yang memabukkan.
Serasa mengulang kembali setiap keindahan yang tercipta ribuan hari yang lalu.
Cinta yang terlalu indah untuk dikatakan dan terlalu manis untuk dikenang .
Yang akhirnya hilang dalam penantianku yang panjang dan tak ada kepastian .

Kau telah menunjukan padaku dunia yang indah dengan cintamu .
Kau telah memberiku sayap dengan membagi harapan – harapanmu padaku.
Kau telah memberiku nama dalam duniaku yang tak bernama .
Kau telah memberiku cahaya dalam duniaku yang tak terlihat .
Untuk itu ku ucapkan terima kasih yang terdalam .

Namun seperti yang telah kau katakan padaku, hidup tak akan pernah cukup hanya dengan cinta.
Butuh lebih dari itu untuk menjalaninya.
Dan aku lebih dari cukup untuk belajar bahwa cinta butuh sesuatu untuk mewujudkannya.
Bukan hanya angan.
Dan kepergianku saat ini atas nama cinta.
Namun itu hanyalah salah satu jalan untuk membahagiakanmu.

Dan ya. . . . akhirnya wanita seperti itulah yang terpilih untukku.
Bukan seorang wanita yang cantik lagi kaya.
Dia hanya seorang wanita yang tak ingin melihatku murung setiap hari memikirkan sesuatu yang tak jelas.
Dia cukup mengerti ketika ku katakan akan menunggunya hingga kapanpun .
Dan dia memberiku kesempatan sejenak untuk mencintaimu .


Selamat Tinggal Malaikat Cintaku.

Aku pernah mencintaimu dan kemudian kehilangan .
Dalam ketiadakan aku mencoba untuk bertahan .
Namun hari ini yang kurasakan berbeda .
Aku tak tahu ini cinta atau bukan .
Yang kutahu aku tak bisa jika harus hidup tanpanya .
Jadi jangan lagi kau tanyakan tentang hal itu .

Sebab,akhirnya aku telah belajar jika cinta tak hanya bicara.
Tapi belajar untuk mengerti, belajar untuk mendengar, lalu bertindak.
Selamat tinggal malaikat cintaku, kau hanyalah seorang lelaki yang harus melanjutkan hidup, begitupun denganku .
Doakan aku bahagia seperti aku mendoakan kebahagiaanmu .
Carilah seseorang tempat kau membagi mimpi-mimpi indahmu .
Karna hidup ini terlalu singkat untuk dilalui seorang diri .



Hidup untuk cinta.

Jika kita melihat lukisan matahari terbit .
Atau tibanya malam dikala matahari tenggelam .
Atau keindahan hutan dan ketinggian gunung .
Lalu kita melihat semua itu secara nyata .
Maka kita akan memahami, kenyataan benda–benda itu lebih indah dari apapun yang bisa di lukis .
Aku tidak sedang berkhayal tentang kebahagiaan tapi pengharapan yang aku yakin suatu saat akan terwujud.

Jika datang suatu hari nanti, dimana sayap – sayap cintaku telah patah.
Dan harapanku telah musnah .
Pastilah itu akan menjadi akhir dalam kehidupanku .
Tiada artinya kehidupan seseorang jika tak memiliki hati .
Dan tiada gunanya hati jika tak memiliki cinta.



Keajaiban cinta.

“Aku tak tahu pesonanya yang memikat, atau mungkin akalku yang
tak lagi ditempat”

Dia telah kembali kesini. Dan sekarang telah menjadi peri kecilku.
Lihatlah tak berkurang seincipun keindahannya yang dulu nyaris mendobrak kesunyianku.
Lihatlah,tak seincipun perasaanku bergeser atasnya.
Lihatlah pula keangkuhan dan kekeraskepalaannya yang membuatku setengah mati terhempas mengejar bayangnya.
Lihatlahpula kecermelangan isi kepala dan kilauan batinnya yang mampu membuatku merasa sanggup menempuhi apapun tembok tinggi yang menghalangi langkahku.

Namun, masihkah itu bernama cinta?
Saat tak setitikpun impian itu tergapai.
Dan aku tercampak kejurang yang tak berdasar.

Masihkah itu bernama cinta?
Yang akhirnya sempurna menemani malamku yang paling senyap.

Dan lihatlah dia kini.
Dia kini bukan lagi seorang yang seperti dahulu.
Dia kini bukan lagi kembang ranum yang masih menyisakan segarnya embun pagi dikelopak bunganya.
Dia kini seorang induk kucing yang tangguh dan seekor induk merak yang dengan megahnya membentengi setiap desau angin yang mencoba berkesiut mengganggu ketentramannya.

Maka…
Masihkah kau menyimpan yang sama seperti dulu lagi?
Jika jawabanmu lagi – lagi iya, siapkah kau untuk melangkah selanjutnya?
Atau hanya sampai disini, sebuah rasa bernama cinta berujung?

Arti sebuah rasa bernama cinta.

Maaf jika telah menganggu hari – harimu.
Aku memang tak berani untuk bilang cinta.
Sebab cinta dimataku bukanlah sesuatu yang harus diucap.

Cinta tak perlu kata atau kalimat.
Sebab cinta bukanlah dongeng yang harus dicatat.
Cinta adalah angin yang bisa kita rasakan tanpa harus kita tahu bentuk dan wujudnya.
Namun, satu hal yang pasti.
Apapun darimu, kau akan tetap menjadi sungai dimana inspirasiku mengalir.

Setiap hari, tanpa henti Cinta melukaiku.
Terluka dan terluka lagi hati ini.
Aku terjatuh, terseret dan terhempas dilorong ruang dan waktu.
Tiadakah cinta memberi setitik kebahagiaan.
Maafkan aku dunia, karena aku tak mampu mencintai seorangpun ditempatmu ini.
Meskipun aku telah berusaha dengan sejuta pengorbanan.
Namun aku gagal membuktikan cinta itu abadi.

Aku lelah jika harus terluka dalam setiap perjalanan cintaku.
Apakah aku hanya diam dan menunggu cinta datang menghampiri?
Aku terlalu lelah ketika sudah cukup lama mencari cinta.
Namun dalam kenyataannya, kutemukan bahwa cintalah yang mencariku.
Dan akulah yang dicarinya

kumpulan arisan puisi


DI TEPI DAMBA

Hening terpuruk terikat bayangmu
Membatu dalam benak tak mau pergi
Mengapa selalu ada bayangmu mengasah tajam
Di tepi damba yg berarak menuju hatiku
Bersimbah keindahan yg melukis birunya sinar matamu
Berpeluh cinta yg mempesonakan bagai sepotong senja
Detik ini, aku memeluk hening, untuk dirimu

DATANGLAH PENANTIAN

Apakah desah itu masih setia mengiring harimu?
Di antara debar jantung yg merindukanmu
Aku memilin seraut wajah yg menghantui malam-malamku
Kuingin engkau ada dalam keputusasaanku
Menantimu hingga kaki-kaki tak mampu lagi berjalan
Seandainya desah itu masih bisa kucium di sudut malam ini
Akan kukatakan pada awan hitam
Aku ingin menyapamu meski hanya lewat semilir angin
Tak kuasa sudah aku ingin rebah di lapang hatimu
Dan menangis di ujung matamu.
Puisi Cinta Sedih

Mungkin aku memang lemah
Mungkin aku tak pernah punyai lelah
Saat ku terdiam menangisi pergimu
Terus ku terpaku oleh harapan semu
Sepertinya… t’lah cukup banyak kutulis
T’lah cukup dalam hati ini kuiris
Agar bisa kucoba lagi cinta dari mula
Dengan ia yang mampu merasakannya
Namun cinta untukmu terus bertahan
Di sekeping sisa hati ini pun cinta untukmu kurasakan
Kerinduan hadirmu tak pernah bisa hilang
Oh Tuhan… bagaimana semua ini harus kuartikan ?



TERIRIS LUKA

Ditengah malam syahdu nan pekat
Ku teringat pada mu, bayangmu
Selalu melintas di kelopak mataku
Ku coba untuk melupakanmu

Namun bayang mu, trus menghampiriku
Sunyiku kau tabur bunga rindu
Kau bagai angin yang sejukkan
Jiwa ragaku…

Namun kini, sia-sia sudah mahligai cintaku
Mimpi indah tiada lagi, sirna terbakar
Kayu arang abu…
Ku coba bertanya pada malam
Dia membisu

Angin berlalupun, tak memberikan
Jawaban,,
Hanya satu yang terucap
Mengapa aku mencintaimu…

Dan mengapa aku terlahir untuk terluka…
Ku sadar, cinta tak harus memiliki
Tapi ku tak bisa, ku tak rela
Mungkin ada yang lebih dariku….

Sampai datang masa pertemukan kita
Untuk kembali, atau terpisah selamanya…
Sungguh hina diriku
Mencintai orang yang tak mencintai ku
Dan takkan pernah menyayangiku..

Mengapa aku di pertemukan denganmu
Musim gugur dihatiku…
Seakan tumbuh bersemi
Titian cintaku pupus begitu saja

Tiadakah iba dihati mu…
Tiadakah rasa ntuk ku….
Kau berlalu menuju impian mu yang baru..

Rinduku sudah kau lara…
Sayang ku kini t’lah kau buang
Mungkinkah aku tercipta
Hanya untuk disakiti dan dihina???

Apakah ini suatu cobaan untukku??
Apakah ini suatu goresan hati yang luka??
Yang tak bisa sembuh
Walau penawar vdari mana pun…

Semoga kau bahagia
Tanpa sosok bayanganku…

AKU PERGI

Setelah melintasi waktu bersimbah pesonamu
Kini semua terasa tiada Makna yang terendap lama
Dan mendekam dalam gugusan matahari
Tak lagi bisa kuraba
Semua seperti kembali kosong
Harapanku akanmu,Seperti menemui titik penghabisannya
Apa gerangan yg terjadi?
Tiba-tiba aku enggan mengumbar rinduku
Tiba-tiba aku ingin berhenti mencintaimu
Mungkinkah karena sikapmu yg makin lama tak lagi membiusku
Perlahan menghilang di balik dusta
Auramu yg makin pudar oleh sikap tak pasti
Angkuhmu melemahkanku
Bisumu menyurutkan langkahku
Aku lebih baik pergi

bila memang harus berakhirrrrrrrrr


Di saat cinta harus berakhir..
Hati ku serasa sakit,.
Pedih, dan serasa tertusuk duri kekecewa’an..

Tak ada yang mampu mengerti aku..
Tak ada seorang pun yang bisa mghiburku..

Di saat semua tak perdulikanku, namun ada air mata yang menemani dukaku..
Air mta yg sllu brsahabat dgn duka dan kpedihan..

Begitu tulus ku mencintai mu..
Namun kau hancur kan aku dengan akhir deraian air mata..

Terima kasih cinta..
Kau sempat warnai hari ku, meski semua kelabu..

Tangisku adalah kebahagia’anku..
Kebahagiaan mu adalah pendwritaan bagiku.